Friday 26 December 2014

Dampak Pengangguran Terhadap Pembangunan Nasional

Pengangguran merupakan masalah pokok dalam suatu masyarakat modern , jika tinggkat pengangguran tinggi, sumber daya menjadi terbuang percuma dan tingkat pendapatan masyarakat akan menjadi merosot. Dalam situasi seperti ini, kelesuanekonomi akan berpengaruh pula pda emosi masyarakat dan kehidupan keluarga sehari hari.
Dampak pengangguran terhadap pembangunan nasional dapat dilihat melalui hubungan antara hubungan dan indikator-indikator berikut ini
1.      Pendapatan nasional dan pendapatan perkapita
Upah merupakan salah satu komponen dama penghitungan pendapatan nasional, apabila  tingkat pengangguran semakin tinggi, maka nilai komponen upah akan semakin kecil. Dengan demikian, nilai pendapatan nasional pun akan semakin kecil.
Pendapatan perkapita adalah pendapatan nasional dibagi jumlah penduduk. Olej karena itu, nilai pendapatan nasional yang semakin kecil akibat pengangguran akan menurunkan nilai pendapatan perkapita.

2.      Penerimaan negara
Salah satu sumber penerimaan negara adalah pajak, khususnya pajak penghasilan, pajak penghasilan di wajibka bagi orang orang yang memiliki pekerjaan apabila tingkat pengangguran meningkat, maka jumlah orang yang membayar pajak penghasilan berkurang, akibanya peneriamaan negara pun berkurang 

3.      Beban psikologis dan psikis
Semakin lama seseorang menganggur, semakin besar beban psikologis dan psikis yang harus di tanggung. Secara pesikologis orang yang menganggur mempunyai perasaan yang tertekan, sehingga berpengaruh terhadap berbagai perilaku dan kehidupan sehari hari. Dampak psikologis ini mempunyai efek domino di mana secara sosial, orang menganggur  akan merasa minder karena status sosial yang tidak atau belum jelas.

4.      Biaya sosial
Degan semakin besarnya jumlah pengaggur semakin besar pula biaya sosial yang harus di keluarkan biaya sosial itu mencakup biaya atas peningkatan tugas tugas medis, biaya keamanan, biaya proses peradilan sebagai akibat meningkatnya tindak kejahatan.



SHARE THIS

Author:

Hi, Saya SUkmal! Saya Seorang Lifestyle Blogger yang juga Content Writer

0 comments: