Friday 26 December 2014

Cara Mengatasi Pengangguran

Sebelumnya telah dijelaskan berbagai dampak negatif dari pengangguran bagi seseorang, masyarakat dan negara. Untuk mengatasi beberapa dampak tersebut, perlu ada upaya terpadu dalam bidang kesempatan kerja.

1.      Cara mengatasi pengangguran struktural
Pengangguran struktural adalah pengagngguran yang di akibatkan perubahan struktur ekonomi, misalnya dari ekonomi yang bersifat agraris bergeser ke ekonomi industri, pergeseran itu memerlukan penyesuaian karakter dan budaya yang lebih menekankan pada sektor industri bagi para pekerjanya. Untuk mengatasi pengangguran struktural di perlukan berbagai langkah seperti pengadaan dan pelatihan untuk persiapan pada pekerjaan yang baru, memindahkan tenaga kerja dari tempat yang tidak membutuhkan ke tempat yang membutuhkan.meninngkatkan mobilitas kerja dan modal yang ada dan mendirikan industri yang bersifat padat karya sehingga mampu menampung tenaga kerja yang menganggur
2.      Cara mengatasi pengangguran siklis
Pengangguran siklis adalah pengangguran yang diakibatkan oleh menurunnya kegiatan perekonomian karena resesi. Penurunan kegiatan perekonomian  umumnya dimulai dengan melemahnya permintaan akan barang. Akibat penurunan permintaan, produksi barang juga akan berkurang. Dampak pengurangan produksi adalah terjadinya pengurangan investasi jika keadaan ini berlangsung lama maka perusahaan akan mengurangi pekerja dengan jalan PHK atau menghentikan usahanya sama sekali (gulung tikar)
Untuk mengatasi pengngguran siklis di perlukan beberapa langkah antara lain peningkata daya masyarakat. Daya beli masyarakat dapat meningkat apabila mereka mendapat tambahan penghasilan. Pemerintah harus membuka proyek bersiat umum seperti membangun jalan, jembatan, irigasi, dan kegiatan lainnya. Cara lainnya adalah dengan mengarahkan permintaan masyarakat untuk membeli barang dan jasa dan memperluas barang dan jasa. Pasar yang sudah ada harus terus di pertahankan namun haru di usahakan membuka peluang lain dalam rangka memasuki pasar yang baru. Misalnya, dengan membuka pasar baru diluar negri yang dapat menemabah permintaan yang baru.
3.      Cara mengatasi penganguran friksional
Pada dasarnya, pengangguran friksional tidak dapat di hilangkan sama sekali dan hanya dapat di kurangi . cara mengatasi pengangguran friksional adalah mengusahakan informasi yang lengkap tentang permintaan dan penawaran tenaga kerja, sehingga proses pelamaran, seleksi, dan pengambilan keputusan menerimah atau tidak berlangsung lebih cepat. Cara lainnya dalah menyusun rencana penggunaan tenaga kerja sebaik mungkin.
4.      Cara mengatasi pengangguran musiman
Pengangguran musiman adalah pengangguran yang terjadi pada musim musim musim tertentu seperti petani yang menganggur setelah musim tanam. Pengangguran yang seperti ini dapat diatasi dengan pemberian informasi yang jelas tentang adanya lowongan kerja pada bidang lain dan melati seseorang agar memiliki keterampilan untuk dapat bekerja pada masa menunggu musim tertentu.

SHARE THIS

Author:

Hi, Saya SUkmal! Saya Seorang Lifestyle Blogger yang juga Content Writer

0 comments: